Cara Jitu Memilih Mobil Bekas Jakarta

Anda sedang mencari mobil bekas? Tapi berkualitas? Mari simak langkah berikut untuk mengetahui gimana caranya Memilih Mobil Bekas Jakarta.

Mobil Bekas Jakarta
Cara Jitu Memilih Mobil Bekas Jakarta
maricari.com

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas jakarta:  Membeli mobil kondisi bekas di Jakarta cukup membuat pusing bagi orang awam. Ada saja terdengar “cerita miring” tentang hal ini. Padahal jika kita jeli dan bersabar, maka kendaraan yang kita inginkan walaupun kondisinya bekas tetap nyaman digunakan. Dan sebenarnya, jika kita telaah lebih jauh, jumlah komplain yang terjadi masih kalah dibanding jumlah pembeli yang cukup puas. Kadang, berita buruk lebih cepat menyebar daripada berita baik. Dan hal tersebut sangat lazim terjadi bukan hanya di kota Jakarta saja tetapi juga di wilayah lain. Jadi jangan sampai anda “termakan isu” yang tidak bisa dipertanggung jawabkan saat membeli kendaraan bekas.

1. Kenali Kebutuhan
Ini adalah langkah paling awal ketika hendak membeli mobil. Kenali dahulu kebutuhan Anda seperti apa karena pilihan mobil sangat banyak. Bila Anda tidak tahu kebutuhan Anda sendiri, maka bisa jadi Anda akan membeli mobil yang 'berlebihan'. Belilah kendaraan lumayan sesuai kekuatan kantong. Penting setidaknya lakukan pertama tentukan jenis kendaraan sesuai kebutuhan hidup dan keluarga sehari-hari.

2. Service Record
Kondisi mobil tentu merupakan salah satu hal mutlak yang harus diperhatikan. Coba secara detail perhatikan body mobil apakah masih mulus atau tidak. Apakah ada bekas tabrakan. Kilometer juga harus diperhatikan karena ini akan berdampak pada pemeliharaan di sektor kaki-kaki dan mesin. Tapi bila di service record dijelaskan perbaikan-perbaikan di sektor itu, mobil aman.

3. Kilometer dan Kondisi Mobil
Kondisi mobil tentu merupakan salah satu hal mutlak yang harus diperhatikan. Coba secara detail perhatikan body mobil apakah masih mulus atau tidak. Apakah ada bekas tabrakan.

Kilometer juga harus diperhatikan karena ini akan berdampak pada pemeliharaan di sektor kaki-kaki dan mesin. Tapi bila di service record dijelaskan perbaikan-perbaikan di sektor itu, mobil aman.

4. Body Mobil
Buat ngecek body bisa anda ketok-ketok lembut keliling mobil dengan punggung jari (jangan keras-keras yang punya marah). Suara metal menandakan plat masih barus dan belum didempul atau dilas. Dempul atau las biasa berbunyi seperti plastik dipukul. Didempul atau dilas berarti mobil pernah bermasalah dijalan dengan benturan.

5. Mesin 
Bila oli mesin dan saringan terlihat masih bagus, coba hidupkan mesin tersebut dan tahan di sekitar rpm 1.000.

"Dengarkan suaranya. Biasanya kalau mesin pernah terendam banjir itu bunyinya agak keras. Agak lebih keras dari mesin mobil mobil yang 'seumuran'," ujar Syafei.

Lihat odometer mobil. Bila mobil yang belum sampai 50.000 km tapi sudah bersuara agak keras, itu tanda ada yang tidak beres. Kalau sudah diatas 50.000 km, suara mesin memang agak keras, tapi untuk mobil yang pernah terendam banjir, suaranya agak lebih keras dari yang semestinya.

"Banyak pedagang yang nakal. Piston diberi pisang agar suaranya teredam. Jadi halus. Tapi setelah sekian waktu, suaranya bakal sangat kasar," lugasnya

6. Cek dokumen kendaraan 
Saat ini dokumen mobil bekas banyak bodong alias palsu. Sebaiknya Anda jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Anda bisa fotokopi dokumen dan mengeceknya di Polda terdekat.

Sumber :
mobil123.com
http://www.kompasiana.com
Syubhan Akib - detikOto
http://www.merdeka.com
Share on Google Plus

About admin

Penulis dari website Media Informasi Jakarta