Mengenal Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta terletak di Kelurahan Pinangsia Kecamatan Tamansari Kotamadya Jakarta Barat. Kota Tua Jakarta, daerahnya berbatasan sebelah utara dengan Pasar Ikan, Pelabuhan Sunda Kalapa dan Laut Jawa, sebelah Selatan berbatasan dengan jalan Jembatan Batu dan jalan Asemka, sebelah Barat berbatasan dengan Kali Krukut dan sebelah Timur berbatasan dengan Kali Ciliwung. Saat ini, kawasan Kota Tua berada di dua wilayah kotamadya, yaitu Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Kota Tua sebagai cikal bakal Jakarta, tentunya menyimpan banyak cerita di balik megahnya bangunan (tua) cagar budaya peninggalan masa lalu dari zaman kolonial Belanda.

Sejarah Kota Tua Jakarta
http://anekatempatwisata.com

Keunikan Wisata Kota Tua Jakarta menjadikan nya destinasi wisata yang siap dicanangkan sebagai warisan budaya versi UNESCO. Sebelumnya, dari sembilan item wisata yang diusulkan menjadi warisan budaya Indonesia versi UNESCO, Kota Tua berhasil bertengger di urutan pertama yang akan didaftarkan ke UNESCO. Hal itu disampaikan Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, M. Kadir.

“Satu-satunya ikon Jakarta yang mempunyai keunikan. Di mana keunikan itu karena adanya bangunan-bangunan bersejarah atau bangunan-bangunan cagar budaya yang memang unik (ada di semua wilayah Jakarta). Belum ada perubahan juga dari gedungnya, temboknya masih asli,” jelas Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, M. Kadir saat ditemui di Gedoeng Jasindo, Kota Tua, Jakarta Barat, Rabu (18/02).

Kota Tua Jakarta di masa lalu merupakan kota rebutan yang menjadi simbol kejayaan bagi siapa saja yang mampu menguasainya. Tak heran jika mulai dari Kerajaan Tarumanegara, Kerajaan Sunda –Pajajaran, Kesultanan Banten –Jayakarta, Verenigde Oost-indische Compagnie (VOC), Pemerintah Jepang, hingga kini Republik Indonesia melalui Pemerintah DKI Jakarta, terus berupaya mempertahankannya menjadi kota nomor satu di negara ini.
Kota Tua merupakan kawasan penting di masa penjajahan dahulu. Kawasan ini mencakup sebagian wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Utara, mulai dari Pelabuhan Sunda Kelapa sampai Museum Bank Indonesia.

Pada masanya, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan terbesar dan tersibuk yang digunakan untuk kegiatan jual beli dalam perdagangan internasional. Sedangkan kawasan sekitar Museum Bank Indonesia dan Museum Fatahilah adalah salah satu pusat pemerintahan kolonial.

Sama seperti kawasan kota lama di beberapa kota di Indonesia bahkan dunia, Kota Tua Jakarta ini dimanfaatkan sebagai tempat wisata bersejarah dengan mengubah fungsi bangunan lama menjadi museum yang menyimpan banyak informasi berharga tentang sejarah kota.

Sumber :
http://baliinspirasi.com
http://anekatempatwisata.com

Share on Google Plus

About admin

Penulis dari website Media Informasi Jakarta